STIKES Rumah Sakit Anwar Medika merupakan sekolah tinggi swasta bidang kesehatan yang memiliki visi dan misi penting bagi dunia pendidikan dan kesehatan. Sekolah tinggi ini dibangun karena tingginya kebutuhan akan tenaga kesehatan yang memadai dan professional. Sekolah ini juga merupakan manifestasi dari keinginan untuk mewujudkan kualitas pendidikan di bidang kesehatan yang baik dan terpercaya. Suatu sistem penjaminan mutu   internal   (SPMI)   sangat   diperlukan   sebagai   pedoman   dan   pengawasan   dalam mewujudkan pendidikan yang bermutu dan berkualitas di STIKES Rumah Sakit Anwar Medika.

Berdasarkan Undang-Undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 50 ayat 2 disebutkan bahwa “pemerintah menentukan kebijakan nasional dan standar nasional pendidikan untuk menjamin mutu perguruan tinggi.” Dalam Pasal 50 ayat 2 disebutkan  pula  bahwa  pengelolaan  satuan  pendidikan  tinggi  dilaksanakan  berdasarkan prinsip otonomi, akuntabilitas, jaminan mutu, dan evaluasi yang transparan.

STIKES Rumah Sakit Anwar Medika berkomitmen untuk dapat meningkatkan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi secara berkesinambungan. Dalam hal ini, para pimpinan telah menetapkan kebijkan dan sejumlah perangkat SPMI seperti manual mutu, standar mutu hingga  Standard  Operating  Procedure  (SOP)  sebagai  upaya  untuk  meningkatkan  dan menjaga  mutu  STIKES  Rumah  Sakit  Anwar  Medika.  Dengan  adanya  kebijakan  dan perangkat SPMI, STIKES Rumah Sakit Anwar Medika memiliki pedoman atau acuan bagi pengelolaan  penjaminan  mutu  hingga  ke  tingkat  program  studi.  Dokumen  SPMI  ini hendaknya dapat dijalankan secara konsisten dan bertanggungjawab oleh segenap pihak dan unsur pengelola baik di bidang akademik maupun non akademik.